Surah Yasin dan Fadhilat serta Manfaatnya

Salah satu tradisi yang dilakukan setiap malam jumaat yaitu membaca Surah Yasin. Biasanya Surah Yasin ini dibaca setelah selesai solat magrib, baik secara berjama'ah di masjid atau di mushola maupun dibaca sendirian  di rumah. Selain itu, Surah Yasin juga selalu dibaca ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Dari beberapa pengamalan Surah Yasin tersebut tentu ada fadhilat dan maanfaat Surah Yasin yang sangat luar biasa.

surah yasin

Klik Di Sini Untuk Doa Selepas Solat.

Fadhilat Surah Yasin (Yaasiin) :

1.Untuk mati syahid
Seseorang dapat dikatakan mati syahid jika membaca Surah Yasin satu kali maka dapat dinilai sama seperti membaca Alqur’an sampai selesai sebanyak sepuluh kali , dan barang siapa yang membiasakan dirinya untuk membacanya setiap malam setelah sholat malam sampai mati.
Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa “Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thobromi 7217 dari pernyataan Anas bin malik)”

2. Untuk ketenangan batin
Jika rajin berzikir lalu diimbangi dengan membaca Surah Yasin pada pagi hari seseorang akan mendapatkan ketenangan batin sampai malam hari namun jika membiasakan diri untuk membacanya pada malam hari maka akan diberikan allah SWT kebahagiaan dan ketenangan sampai keresokan harinya.
Sesuai dengan Firman Allah ta’ala bahwa “Ketahuilah hanya dengahn berzikir dan membaca surah yasin semata mata karena Allah SWT, maka hati menjadi tenang.” (Ar-ra’ad :28)”

3. Agar apa yang kita capai berhasil
Supaya selalu sukses di dalam pekerjaan yang diinginkan boleh dilakukan dengan cara membaca Surah Yasin di rumah sebanyak 25 kali. Termasuk keinginan untuk bekerja sama di bidang perniagaan dengan orang yang mempunyai kekuasaan atau orang orang yang bekerja dalam skala internasional.
Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahawa: “Barang siapa yang membaca Surah Yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari  maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga.” (Sunaan daarimi juz 2 halaman 549)”

4. Mempermudah keluarnya roh pada orang yang akan wafat

Jika dibacakan untuk orang yang akan wafat maka nyawanya tetap akan ada, belum tercabut sampai datangnya malaikat Ridwan untuk membawa ketenangan menjelang sakaratul maut. Keajaiban Surah Yasin juga dapat mempermudahkan seseorang wafat dengan cepat, ikhlas  dan tidak mengalami masalah.
Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa “disunnahkan membaca Surah Yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu’syaih Al muhadzdzab 5 /76 Dar’alim alkitab)”
Sesuai juga dengan hadits “Membaca Surah Yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya roh .” (Tafsir alqur’an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi )”

5. Agar terhindar dari siksa kubur
Mayat akan terhindar dari siksa kubur ketika membaca Surah Yasin kemakam seseorang dengan cara pembacaan yang tenang, ikhlas dan mendoakan pula bagi si mayat agar diampuni segala dosa dan kesalahannya ketika masih hidup.
Sesuai dengan hadits yang menyatakan bahwa “Barang siap yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur diperkuburan itu.” (Tafsir Nur ats-tsagalayn 4/373)”

6. Menyembuhkan penyakit hati
Dapat melunturkan dan menyembuhkan penyakit hati termasuk iri, dengki, benci , keburukan orang lain , membicarakan keburukan orang lain , menyebarkan fitnah dan lain lain sehingga hidup seseorang selalu berada pada jalan yang benar .
Sesuai dengan firman Allah yang diperuntukan bagi orang orang yang ingin selalu berada pada jalan kebenaran Apabila hamba hambaku bertanya tentang aku  maka jawablah mereka dekat denganku. Aku mengabulkan permohonann apabila ia memohon kepadaku. maka hendaklah mereka memenuhi (segala perintahku) dan hendaknya mereka beriman kepadaku agar mereka selalu hidup dalam jalan kebenaran.”( QS. Al- baqarah :186)”

7. Memudahkan hajat dipermudahkan jodoh
Membaca Surah Yasin setelah selesai melakukan solat 5 waktu maka permohonan untuk mendapatkan jodoh atau pasangan yang baik  dipermudah jalannya oleh Allah SWT dan penuh berkah pada akhirnya.
Sesuai dengan hadits :” Barang siapa yang membaca Surah Yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 Surah Yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka Allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

8. Melindungi dari kejahatan
Membaca Surah Yasin setiap hari dapat menolak kejahatan yang sedang akan terjadi misalnya akan terjadi penipuan. Allah SWT akan melindungi dari kejahatan tersebut dengan caranya yang tidak kita ketahui.

9. Agar diampuni segala dosa
Membaca Surah Yasin sesering mungkin di malam hari dengan tulus dengan harapan diampuni segala dosa dan kesalahan kita, maka Allah SWT akan membukakan pintu maaf seluas lautan dan selebar angkasa raya.
Sesuai dengan hadits yang menyatakan: “Barang siapa yang membaca Surah Yasin setiap malam secara terus menerus maka dia akan diampuni.” (Al-baihagy dalam syi’rabil dengan kanzul- Umai Juz 1 sampai 2625)”

10. Mententeramkan hati dari rasa cemas

Membaca surat yasin merupakan cara agar hati tenang, mententeramkan jiwa  dan mengusir rasa cemas dan takut terhadap sesuatu yang tidak terlihat atau dapat menghalau rasa takut pada kekejaman penguasa yang zalim.
Sesuai dengan Firman Allah SWT bahawa “Orang orang yang beriman hati mereka akan tenteram dengan mengingat Allah SWT . Ingatlah hanya dengan mengingatiNya maka hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-ra’du :28)”

11. Agar penghuni cepat bebas
Bagi penghuni yang menyesali perbuatannya dan memohon redhonya agar dihapuskan dosa dosanya yang telah lalu serta  menjalankan sholat 5 waktu dapat membaca surah yasin dan memohon pertolongan Allah SWT dengan sabar dan ikhlas agar dirinya bisa segera dibebaskan, percayalah Allah SWT akan menolongmu.
Sesuai dengan hadits yang menyatakan : “Barang siapa yang membaca surah yasin untuk memohon redha Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-baihagy dalam sy’abil iman serta mu’qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629)”

Manfaat/Khasiat Surah Yasin (Yaasiin)

  1. Menurut sabda Nabi Muhammad saw, siapa membaca surah Yaasiin(Yasin) satu kali, sama dengan membaca Alqur’an sampai khatam (selesai) sepuluh kali, siapa membiasakan membaca Surah Yasin setiap malam sampai mati, maka termasuk mati syahid.
  2. Jika dibaca pada waktu pagi, maka memperoleh kegembiraan sampai malam, dan jika dibaca di malam hari maka dapat gembira sampai pagi.
  3. Jika anda ada maksud kepada pembesar supaya berhasil, maka bacalah Surah Yasin dari rumah sebanyak 25 kali, maka insya Allah berhasil.
  4. Jika dibacakan untuk orang yang akan meninggal dunia, maka tidak akan dicabut nyawanya selagi ia belum didatangi malaikat Ridwan dengan maksud memberi kegembiraan kepada orang yang akan meninggal tersebut.
  5. Jika dibacakan pada mayat di dalam kubur maka diringankan siksanya.
  6. Jika ditulis dan dilebur air, lalu diminum, sama dengan meminum seribu obat.
  7. Khasiatnya lagi adalah dapat dipergunakan sebagai obat sakit panas, caranya dibaca sekali, setiap sampai pada lafaz “MUBIIN” dengan mengikat benang sekali sampai tujuh, kemudian diikatkan pada bahu kanannya orang yang sakit panas, maka insya Allah sehat kembali.

Comments

Popular posts from this blog

Selawat Nabi: Kelebihan dan Lafaz Yang Sahih

Doa Selepas Solat Beserta Maksudnya.